Popular Posts

Powered by Blogger.
Tuesday, May 15, 2012

 Pertama kalinya belajar sculping setelah sekian lama mencari bahan clay, tak tahu mesti belinya di mana. Setelah searching di kaskus akhirnya ketemu juga merek Super Sculpey yang banyak direferensikan sebagai bahan clay yang banyak dipakai oleh professional. Cuma harganya ituloh, lumayan mahal. Dengan berat 454 gram, clay ini berharga lebih dari 250 ribu rupiah, maklum barang impor.


Image referensi kepala Iron Man
Image referensi Iron Man full profile

Akhirnya saya mendapatkan juga orang yang hendak menjual dengan harga miring, karena beli tapi tak terpakai.Setelah berhasil mendapatkan bahan clay, saya bereksperimen membuat kepala Iron Man dengan peralatan seadanya karena belum punya Clay Tool. Saya menggunakan tusuk sate, kayu es krim, cutter, kawat, sampai tutup parfum untuk membuat bilatan. Sebelum mulai sculping tentunya saya kumpulkan dulu referensi bentuk kepala manusia besi ini agar bisa mendapatkan gambaran yang jelas.



Bahan Super Sculpey yang belum diolah berbentuk balok dan cukup keras, jadi halus dilembekan dulu dengan cara diremas. Dari hasil percobaan akhirnya saya ketahui bahwa untuk melemaskan clay ini harus dicampur dengan baby oil agar cepat lembut dan tidak pecah-pecah. Clay sebaiknya dipotong menjadi serpihan kecil agar cepat lembek.



Untuk kawat bagian dalam, saya menggunakan kabel listrik paling tebal dan dilapisi aluminium foil agar bisa mengirit clay. Selanjutnya, dengan telaten proses pembentukan kepala Iron Man dimulai. Yang penting dicapai proporsi yang benar terlebih dahulu sebelum menambahkan detailnya.

0 comments: